Widget HTML Atas

Manfaat Besar Punya Blog



Di artikel AhmadSites kali ini saya ingin membahas tentang manfaat yang kita dapat dari ngeblog. Tapi sebelum itu saya mau bahas sedikit mengenai apa yang saya ketahui tentang blog. Kata blog sebenarnya berasal dari kata weblog yang diciptakan oleh Jorn Barger dan diplesetkan oleh Peter Merholz menjadi blog. Dan kemudian muncullah Pyra Labs yang mempopulerkan kata blog pada tahun 1999. Pyra Labs yaitu sebuah perusahaan yang telah menciptakan layanan blogger.com, wih pada saat itu saya sendiri masih berumur 3 tahun.

Nah, berdasarkan konten blog itu sendiri, blog terbagi menjadi berbagai jenis, misalnya blog politik yaitu blog yang ngebahas tentang politik, blog bisnis yang kebanyakan digunakan sebagai prosomi para pebisnis , ada juga blog yang berisi pengalaman sendiri semacam diary gitu, serta blog berisikan edukasi atau pendidikan.

Okey, kembali topik. Yang mau saya bahas yaitu manfaat yang kita dapatkan dari blog yang berjenis blog pribadi atau blog pendidikan. Langsung saja simak ulasan berikut tentang manfaat punya blog.

Pertama: Keahlian menulis meningkat

"Alah bisa karena biasa" pepatah satu ini yang menggambarkan manfaat yang pertama. Karena semakin sering kalian memposting artikel-artikel dan ada komentar dari para pembaca, secara sadar atau tidak kemampuan kalian dalam menyusun kata-kalimat serta penggunaan ejaan akan menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya . Ngeblog juga dapat mengatasi permasalahan terbesar bagi sebagian orang yaitu mereka tidak bisa menulis. Walaupun pada awalnya kualitas artikel kalian kurang bagus. Namun, seiring berjalannya waktu kualitas tulisan akan semakin baik bila terus dilatih.

Kedua: Ilmu pengetahuan semakin luas

Dengan ngeblog kalian diharuskan untuk memposting artikel yang kebenarannya harus teruji di IPB dan ITB,hehe...cuman becanda, setidaknya tidak boleh ngawur kalau posting artikel tentang ilmu pengetahuan. Selain itu, menjadi blogger sudah menjadi keharusan untuk memposting artikel berkualitas bagus. Nah jika pengetahuan kalian cuman sedikit bagaimana kalian memposting artikel yang bagus? maka dari itu blogger juga harus rajin-rajin membaca dan browsing kesana kemari mencari bahan referensi agar dapat membuat sebuah artikel.

Ketiga: Jika beruntung dapat uang dan terkenal

kalian kenal orang yang ada di foto itu? Yap, Raditya Dika. Ini dia seorang blogger milyader dan terkenal, berawal dari blog pribadinya (www.kambingjantan.com yang sekarang menjadi www.radityadika.com) yang menceritakan kehidupan sehari-harinya ketika berkuliah di Adelaide, Australia. Dan siapa sangka, tulisan di blognya memenangkan penghargaan di Indonesian Blog Award kemudian dibukukan dengan judul Kambing Jantan: Sebuah catatan harian pelajar bodoh. Dan hingga kini Radit telah membuat beberapa buku, bahkan hasil tulisannya diangkat menjadi sebuah film komedi karena saking populernya. Yang pertanyakan yaitu "Kenapa semua judul karyanya berhubungan dengan hewan?" itu masih menjadi sebuah misteri untuk saya.

Yang terpenting adalah semua manfaat yang saya sebutkan di atas bisa kita rasakan jika kita menulis artikel sendiri, bukan hasil Copy Paste dari blog lain. Untung-untung kalau artikelnya dibaca dulu lalu Copas ke blog , kalau tidak? yah... tidak ada manfaatnya sama sekali, dan malah merugikan pihak yang kita copy artikelnya. Terkadang saya juga copy paste artikel orang lain tapi itupun taat pada aturan, yaitu mencantumkan link sumbernya. Tapi sekarang saya sudah tobat dan tidak melakukan itu lagi, hehe.

Sekian dulu artikel tentang manfaat besar punya blog, nulis yang panjang belum tentu dibaca semua. jika ada yang salah dalam artikel ini, mohon komentarnya untuk membantu saya agar dapat membuat artikel yang lebih bagus dari ini.

No comments for "Manfaat Besar Punya Blog"