Widget HTML Atas

Informasi Penting Agar Diterima Seputar Google Adsense

Tanggal 12 November 2014, saat melihat email email, kemudian membaca tulisan " Permohonan Google AdSense Anda telah disetujui." seketika itu saya senang dan hari itupun menajadi hari menggembirakan buat saya. Sebab, permohonan untuk mendaftarkan blog ke google adsense telah terima. Diterimanya blog ini tentunya tidak begitu saja dapat terjadi. Sebelum diterima oleh pihak google adsense, blog saya harus melalui beberapa tahapan dan saya juga mengalami beberapa kali penolakan. Setelah disetujui saya masih menghapi satu masalah yaitu kurangnya pengunjung, otomatis pendapatanpun masih sangat kecil, maklum blognya masih newbie dan blog ini sempat tidak aktif kurang lebih setahun.

Apa itu Google Adsense?

Google adsense adalah salah satu program yang ditawarkan oleh perusahaan google dari sekian banyak program google seperti, mesin pencarian, gmail, maps, dan masih banyak lagi. Pada program yang satu ini, google menawarkan kepada pemilik situs web atau blog kerjasama untuk memasang iklan di halaman situs web atau blog mereka, dengan maksud untuk saling menguntung satu sama lain. Cara kerjanya adalah google akan membagikan penghasilan kepada pemilik situs/blog jika ada pengunjung yang mengklik iklan yang terpasang di situs web atau blog kita. cara kerja ini sering juga disebut dengan pay per click(PPC). Karena penawaran google yang satu ini cukup menguntungkan, sekarang banyak blogger(termasuk saya) tertarik untuk mendaftarkan blognya ke google adsense .

Wah, saya jadi tertarik. Cara daftarnya gimana?

Karena di atas sudah saya jelaskan kalau iklannya dipasang di blog/websites, otomatis harus memiliki gmail dan blog/websiites tentunya. Untuk mendaftarkan blog/websites kalian bisa langsung menuju halaman Google Ads atau lewat menu Earning/Penghasilan yang ada di dashboard blogger. Lalu mengisi beberapa data yang dibutuhkan pihak google. Setelah mendaftarpun tidak langsung disetujui begitu saja, tapi harus melalui tahapan-tahapan. Tahapannya yaitu setelah informasi data diterima oleh Google adsense, ada tahapan dimana blog kalian dilihat/ditinjau, apakah layak untuk dipasangi iklan oleh pihak google.

Jika kalian tidak menemukan menu Earning/Penghasilan di dashboard blogger kalian, baca ini Cara untuk Menampilkan Tab Earnings/Penghasilan.

Lalu, bagaimana caranya agar blog saya dapat melewati semua tahapan dan disetujui oleh Google adsense?

Menurut saya, komponen yang penting juga adalah kelengkapan blog (disclaimer, privacy policy, kontak, dan sitemap blog) karena sebelumnya saya mendaftarkan blog saya tanpa dilengkapi privacy policy blog, alhasil blog saya ditolak. Tapi setelah dilengkapi dengan privacy policy blog dan mendaftar lagi, akhirnya blog saya disetujui oleh google. Untuk membuat privacy policy kalian bisa menuju Website untuk Membuat Privacy Policy. Selain itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar blog kita disetujui oleh google adsense diantara yaitu:
  1. Umur blog setidaknya 6 bulan. Aturan ini disebutkan langsung oleh google adsense dan diberlakukan dibeberapa negera seperti China dan India. Khusus Indonesia saya kurang tahu karena blog saya sendiri daftarkan setelah berumur satu tahun lebih.
  2. Konten blog harus berkualitas dan usaha bukan hasil copy paste. Kalau bisa lengkapi konten dengan gambr atau video menarik.Oh iya, jika jumlah konten lebih banyak, maka peluang diterima juga semakin besar. Tapi ingat! "kualitas lebih penting daripada kuantitas".
  3.  Lengkapi juga blog dengan widget penting(popular posts, akun sosial media, asip blog, dll).

Kapan saya dapat menerima pembayaran dari Google Adsense ?

Nah, untuk hal yang satu ini saya masih belum terlalu tahu, saya hanya mengetahui ini dari FAQ Adsense, toh penghasilan blog ini masih US$1 per bulan berarti masih butuh dua 0 lagi, haha. Okey, Kalian dapat menerima pembayaran dari Google Adsense jika saldo kalian telah melewati batas minimun yaitu US$100. Google Adsense juga menyediakan beberapa bentuk pembayaran yaitu Transfer Dana Elektronik(EFT), EFT melalui single Euro Payments Area(SEPA), cek dan Western Union Quick Cash. Jadi, tinggal kalian pilih aja bentuk pembayaran yang kalian inginkan. Baca informasi selengkapnya tentang Pembayaran Google Adsense.

Oke, sekian dulu info dari saya. Terima kasih atas kunjungannya, jika ada hal yang ingin disampaikan silahkan tinggalkan komentar di bawah. Dan bagi yang ingin mendaftar semoga diterima dengan cepat.

4 comments for "Informasi Penting Agar Diterima Seputar Google Adsense"

  1. Ini yg dicari infonya untuk pembanding
    Thanks mas ya

    ReplyDelete
  2. ane gak di terima di adsense gan wkwkkwkwkw
    tp good lahh manfaat tambah ilmu

    ReplyDelete
  3. terima kasih info google adsensenya bermanfaat

    ReplyDelete

Post a Comment